Istilah-istilah dalam dunia T.I

LAN (Local Area Network)
Merupakan Jaringan computer  yang  jaringannya  hanya mencakup wilayah kecil. Seperti , jaringan computer sekolah, kampus, kantor atau yang lebih kecil.

Fingerprint Reader
Perangkat otentikasi yang menggunakan identitas dari penggunanya. Khususnya adalah sidik jari penggunanya.

HTPC (Home theater PC)
Sebuah perangkat yang menggabungkan fungsi sebagai PC dan digital video recorder.

Enkripsi
Suatu metode yang digunakan untuk mengkodekan data yang sedemikian rupa sehingga keamanannya terjaga, dan tidak dapat terbaca tanpa didekripsi (kebalikan dari proses enkripsi) dahulu. Enkripsi berasal dari kata kryptos yang artinya sembunyi.

PNG (Portable Network Graphic)
Mendukung Index-color, grayscale, truecolor, plus alpha chanel.

XML (Extensible Markup Language)
Merupakan bahasa markup yang menggunakan tag-tag dalam pelabelan, menggolongkan, fan mengorganisir informasi dengan cara tertentu

Malware (Malicius Software)
Program computer  yang diciptakan dengan maksud mencari kelemahan dari software. Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau system operasi.

Spyware
Perankat lunak yang mengumpulkan dan mengirim informasi tentang pengguna computer tanpa diketahui oleh si pengguna

Wabbit
Aplikasi seperti worm, namun tidak membutuhkan suatu program dan dokumen untuk bersarang. Wabbit menggandakan diri secara terus-menerus di dalam sebuah computer local, dan hasil penggandaan itu akan menggerogoti system.

Keylogger
Suatu perangkat lunak yang mencatat semua penekanan tombol keyboard. Catatannya disimpan dalam suatu file yang bisa dilihat. Dengan cara ini seseorang bisa mengetahui username, password dan berbagai informasi lain yang yang dimasukkan dengan cara pengetikan

TCP/IP (Transmission Protocol/Internet Protocol)
Standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam tukar-menukar data dari satu computer le computer laindi dalam jaringan internet.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »